Pengertian menuntut ilmu amat komplek, tak akan diartikan bersama tentu, karena pendapat ahli yg satu bersama ahli yg lainnya dalam memberikan pengertian menggali ilmu berbeda-beda. Elemen ini tergantung kepada ajaran yg dianutnya.
Proses menggali ilmu kepada hekekatnya ialah komuniksi edukatif yg bakal memunculkan interaksi timbal balik antara dua faktor atau lebih atau pribadi-pribadi yg sama, bersama maksud mengarahkan beliau kepada satu maksud tertentu yg dapat di capai.
- Cronbach menyampaikan bahwa learning is shown by change in behaviour as a result of experience (menuntut ilmu yang merupakan satu buah gerakan yg ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku juga sebagai hasil dari pengalaman).
- Menurut M. Ngalim Purwanto dalam buku “Psikologi Pendidikan” Menuntut Ilmu yaitu satu buah perubahan didalam kepribadian yg menyebutkan diri sbg sebuah pola baru dari kepada reaksi yg berupa kecakapan sikap, adat, kepandaian atau satu buah pengertian.
- Sardiman dalam "Interaksi & Memotivasi Belajar" berpendapat bahwa mempelajari itu adalah perubahan tingkah laku atau tampilan bersama serangkaian aktivitas contohnya bersama membaca, mengamati, mendengarkan, meniru & lain sebagainya.
- Wittig (dalam Syah, 2003 : 65-66), mencari ilmu yang merupakan any relatively permanen change in an organism behavioral repertoire that accurs as a result of experience (mencari ilmu merupakan perubahan yg relatif menetap yg berjalan dalam segala macam/keseluruhan tingkah laku satu buah organisme sbg hasil pengalaman).
- H. Spears yg dikutip oleh Dewa Ketut Sukardi menyampaikan bahwa mencari ilmu itu mencakup bermacam macam aksi mulai sejak dari mengamati, membaca, menurun, cobalah hingga mendengarkan buat mencapai sebuah maksud.
- Slameto mendefinsikan mencari ilmu : Mencari Ilmu yakni sebuah proses business yg dilakukan satu orang utk mendapati sebuah perubahan perilaku yg baru dengan cara total, yang merupakan hasil pengalamannya sendiri dalam jalinan dgn lingkungannya.
Menggali Ilmu lebih ditekankan kepada proses kegiatannya & proses mencari ilmu lebih ditekankan kepada hasil mempelajari yg di raih oleh subjek menuntut ilmu atau peserta didik. Hasil mempelajari dari aktivitas mencari ilmu dinamakan pun bersama prestasi mempelajari.
Dari sekian banyak definisi yg dikemukakan sekian banyak ahli di atas, sehingga penulis akan membawa rangkuman, bahwa menuntut ilmu yaitu sebuah proses perubahan perilaku sbg sbg akibatdari pengalaman atau latihan.
Pengertian Prestasi Menuntut Ilmu
Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yg dimaksud bersama prestasi merupakan : Hasil yg sudah dicapai(dilakukan, dikerjakan, & sebagainya).
Prestasi dalam bagian akademik berarti hasil yg diperoleh dari aktivitas di sekolah atau perguruan tinggi yg bersifat kognitif & kebanyakan ditentukan lewat suatu pengukuran “Measurement” & penilaian atau “evaluasi”
Antara pengukuran “Measurement” & penilaian atau “evaluasi” amat erat hubungannya, Wand and Brown dalam kutipan Wayan Nurkancana & PPN, Sumartana menyampaikan :
“ Pengukuran yakni satu buah aksi atau proses buat tentukan luas atau kuantitas dari sesuatu, evaluasi yakni satu buah aksi atau sebuah proses antuk memastikan nilai dari terhadap sesuatu ”.
Perbedaan antara pengukuran & penilaian terletak kepada sifatnya kuantitatif, sedangkan hasil penilaian sifatnya kualitatif. Evaluasi dalam dunia pendidikan meliputi evaluasi pada hasil mencari ilmu, proses menggali ilmu mengajar & evaluasi pada kurikulum.
Evaluasi (pengukuran) yg sifatnya kuantitatif kepada hakekatnya simbol dari sebahagian tabiat yg diinginkan & akan mewakili total perubahan (population of behavioral change) dari siswa itu sendiri. Perubahan tabiat siswa dengan cara total amat sukar buat disampaikan, lantaran perubahan tabiat peserta didik itu ada yg akan diamati (tangiable) & ada yg tak bakal diamati (untangiable)
Dari spesifikasinya di atas mampu disimpulkan prestasi menggali ilmu ialah satu buah perubahan tabiat yg di capai peserta didik yang merupakan hasil menuntut ilmu yg meliputi tiga ranah ialah ranah kognitif, afektif & psikomotir yg dinyatakan dalam wujud angka atau score.
Definisi Prestasi Mempelajari menurut Ahli
- W.S. Winkel prestasi menuntut ilmu merupakan kesuksesan bisnis yg diraih seorang sesudah mendapatkan pengalaman mempelajari atau menggali ilmu sesuatu
- Dalam Kamus Akbar Bahasa Indonesia yakni : penguasaan wawasan atau keterampilan yg dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukan bersama nilai tes atau angka nilai yg diberikan oleh guru
- Menurut Djalal (1986 : 4) “prestasi menuntut ilmu peserta didik yaitu gambaran kebolehan peserta didik yg diperoleh dari hasil penilaian proses menggali ilmu peserta didik dalam mencapai maksud pengajaran”
- Hamalik (1994 : 45) berpendapat bahwa prestasi mencari ilmu merupakan perubahan sikap & perilaku sesudah menerima pelajaran atau sesudah menuntut ilmu sesuatu.
- Benyamin S. Bloom (dalam Nurman, 2006 : 36), prestasi mencari ilmu yaitu hasil perubahan tingkah laku yg meliputi tiga ranah kognitif terdiri atas : wawasan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, & evaluasi.
- Saifudin Azwar (1996 : 44) prestasi mencari ilmu adalah bisa dioperasionalkan dalam wujud indikator-indikator berupa nilai raport, indeks prestasi studi, angka kelulusan & predikat kesuksesan.
0 Response to "Pengertian Belajar dan Prestasi belajar menurut para Ahli Lengkap"
Posting Komentar