Jenis Jenis Akar Pada Tumbuhan Beserta Contohnya Lengkap

Jenis Jenis Akar Pada Tumbuhan Beserta Contohnya Lengkap - Type Tipe Akar Kepada Tumbuhan Beserta Contoh Lengkap – Bidang terpenting dari tumbuhan yakni akar. Di Mana akar mempunyai struktur & beraneka ragam jenisnya. Akar teramat bermanfaat dalam penyerapan air & zat hara, memperkokoh tumbuhan & jadi sarana respirsasi bagi tumbuhan. dikesempatan ini, Kami bakal menuturkan & menguraikan berkaitan jenis-jenis akar & struktur akar terhadap tumbuhan juga misalnya. Berikut penjelasannya.

Tipe Akar Pada Tumbuhan 
Ada dua tipe akar terhadap tumbuhan, adalah akar serabut dan akar tunggang. diluar itu serta ada akar kusus ialah akar gantung, akar tunjang, akar napas & akar pelekat.

Akar serabut 
Akar tipe ini mempunyai wujud seperti serabut. Sektor pangkal & ujung akar mempunyai ukuran yg nyaris sama besar nya. Seluruh bidang akar ke luar dari batang. Tipe akar ini cuma dipunyai oleh tumbuhan monokotil seperti padi, jagung dan tebu.

Akar tunggang 
Akar ini mempunyai akar pokok. Di Mana akar pokok bercabang-cabang jadi sektor yg lebih mungil. Type akar ini cuma dipunyai oleh tumbuhan dikotil. Seperti, pohon jeruk, mangga, & kacang-kacangan. Tetapi, kalau tumbuhan dikotil di tanam bersama trick di cangkok atau di stek, sehingga akarnya tak berakar tunggang melainkan berakar serabut.

Adapun akar-akar husus terhadap tumbuhan antara lain : 

Akar gantung 
Akar ini tumbuh dari bidang batang tumbuhan diatas tanah. Akar ini menggantung di hawa & tumbuh ke arah tanah. Misalnya kepada akar gantung pohon beringin.

Tipe Type Akar Kepada Tumbuhan Beserta Contoh
a. akar napas b. akar gantung c. akar tunjang 

Akar tunjang 
Tumbuhnya dari sektor akar bawah ke segala arah. Akar ini seakan-akan mempermudah batang biar tak rebah. Misalnya akar pohon pandan & bakau.

Akar napas 
Tumbuhnya tegak lurus ke atas maka muncul dari permukaan tanah atau air. Akar napas ini dipunyai tumbuhan darat & tumbuhan air. Akar napas mempunyai tidak sedikit celah buat jalan masuk hawa. Misalnya kar pohon kayu api.

Akar pelekat 
Tumbuhnya disepanjang batang yg bermanfaat utk menempel kepada kayu, tembok atau tumbuhan lain. Akar ini cuma dipunyai oleh tumbuhan yg memanjat, misalnya tumbuhan lada & sirih.

Struktur Akar Pada Tumbuhan 
Terhadap rata-rata akar tumbuh didalam tanah. Akar terdiri dari sekian banyak sektor mutlak merupakan : rambut akar & tudung akar.

Rambut akar 
Rambut akar atau bulu akar adalah lokasi jalan masuknya air & zat hara dari dari tanah ke tumbuhan.
Tudung akar 
Mempunyai fungsi juga sebagai pelindung akar ketika akar menembus tanah.

Demikianlah pembahasan singat mengenai Kategori Type Akar Kepada Tumbuhan Beserta Misalnya, mudah-mudahan mampu memberikan manfaat bagi para pembaca. Sekian terimakasih

0 Response to "Jenis Jenis Akar Pada Tumbuhan Beserta Contohnya Lengkap"

Posting Komentar

wdcfawqafwef